Selangkah Harumkan Negeri Dengan Mendukung 33 Juta Anak Bangsa

Assalaamu’alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh

Selangkah Harumkan Negeri Dengan Mendukung 33 Juta Anak Bangsa
Image Source : https://www.youtube.com/watch?v=iBxDjGr-F6E
Akmal Farabi – Sebagai warga Negara Indonesia yang mencintai negerinya, sudah seharusnya kita ikut berpartisipasi dalam menjadikan Negara Indonesia sebagai Negara maju dan berkembang. Apalagi Indonesia sekarang menempati posisi 4 besar Negara di dunia (Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia) dengan penduduk terbanyak di dunia. Penduduk Indonesia saat ini jumlahnya kisaran 267 juta jiwa atau sekitar 68,7% dari total populasi.

Jumlah penduduk yang sebanyak itu tentu saja memungkinkan Indonesia akan dapat menjadi Negara maju beberapa tahun yang akan datang, seperti yang tertuang dalam Visi Indonesia 2045 yang diresmikan oleh Bappenas. Dari sekian banyak penduduk Indonesia lebih banyak pada anak muda di usia produktif.

Jadi bisa diartikan bahwa nasib bangsa dan Negara Indonesia kedepannya berada di tangan para pemuda-pemuda saat ini. Seperti yang telah aku baca di sebuah situs detik news, bahwa menurut Pusat Data Informasi (Pusdatin) Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, lebih dari 33 Juta Anak Indonesia usia dini lah yang menjadi mayoritas dan mendominasi piramida penduduk Indonesia.
“Syubbanul yaum, Rijalul ghod”“Pemuda hari ini, adalah pemimpin esok hari”
Nah, karena itu para pemuda dan anak-anak zaman millenial saat ini harus dididik dan didukung untuk menjadikan di umurnya yang masih muda agar selalu melakukan hal yang produktif dan bermanfaat, sehingga di esok hari akan menjadi pemimpin bangsa dan meggantikan para pemimpin bangsa saat ini. Saya sendiri yang tergolong usia masih belasan tahun mungkin bisa saja menjadi salah satu dari 33 juta anak Indonesia yang akan menjadi penggerak roda kemajuan bangsa hehe. 

Agar anak-anak negeri bisa menjadi generasi bangsa yang mempunyai kompetensi dan skill yang cukup, maka perlu adanya dukungan dari berbagai lapisan pihak seperti pemerintah, lingkungan, dan keluarga sedari anak berusia dini. Sehingga di kala besar nanti sang anak dapat memiliki daya saing yang kuat.

Terkadang aku suka melihat banyak sekali anak-anak yang masih kecil sudah menggunakan gadget seperti handphone dan perangkat elektronik lainnya. Menurutku ini hal yang wajar karena memang sekarang adalah era digital dan teknologi pun sudah semakin canggih. Namun yang menjadi Masalahnya adalah perangkat tersebut malah disalahgunakan mereka seperti menggunakan perangkat tersebut untuk bermain game, dan bahkan yang lebih parahnya untuk melihat gambar yang tidak senonoh.

Kalau terus seperti ini bagaimana 33 Juta anak Indonesia bisa menjadi generasi maju yang dapat mengharumkan nama bangsa. Harusnya dengan semakin berkembangnya teknologi akan membawa anak-anak pada hal yang lebih bermanfaat seperti belajar, mencari ilmu lewat internet, dan berbagai hal lainnya yang bisa meningkatkan kecerdasan anak daripada sekadar hanya bermain game terus-menerus.


Pasti setiap orang tua ingin anaknya menjadi pribadi yang bermanfaat bagi negeri, masyarakat, dan agama. Agar si buah hati tidak salah pergaulan maka orang tua sudah seharusnya memperhatikan anak baik dari pergaulannya dan juga makanan / asupan yang dikonsumsinya.  

Akal yang Sehat Berada Pada Badan yang Sehat


Selangkah Harumkan Negeri Dengan Mendukung 33 Juta Anak Bangsa
Image Source : https://moondoggiesmusic.com/permainan-tradisional/


Yapz
dilihat dari judul diatas, saya berfikir bahwa 33 juta anak Indonesia bisa menjadi generasi maju yang dapat mengharumkan negeri jika dengan didukung asupan dan nutrisi yang dapat menyehatkan badan. Kenapa demikian? sebab kalau badan sudah sehat otomatis pasti dapat memaksimalkan kinerja otak dalam berfikir dan meningkatkan kreativitas dalam berkarya. Nah untuk membuat kondisi tubuh dan badan tetap sehat, salah satunya adalah dengan memperhatikan asupan gizi.

Asupan gizi yang baik tentu saja berpengaruh dalam pertumbuhan otak dan tumbuh kembang sih anak menjadi cerdas. Apalagi di usianya yang masih dini itu sangat bagus mengonsumsi nutrisi untuk elemen tumbuh kembangnya. Disini menjadi tugas siapapun untuk memperhatikan apa saja yang dikonsumsi anak sejak dini. Terutama orang tua yang kesehariannya selalu bersama anak di rumah, mungkin bisa memberikan dan mendorong anak agar mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin, protein, karbohidrat, lemak, dan air setiap harinya.

Selain itu juga orang tua harus memperhatikan dan memantau kondisi sang anak tetap vit dan sehat. Banyak sekali posyandu dan puskesmas terdekat dari lokasi rumah, untuk memperiksa kondisi tubuh dan kesehatan si anak secara rutin. Hal tersebut juga harus diperhatikan, jangan menunggu sakit baru berobat, tapi pengecekan dan pencegahan penyakit itu justru lebih penting.
“Mencegah lebih baik daripada mengobati”
Berdasarkan pedoman gizi seimbang (2014) dari Kemenkes RI, keluarga dapat memantau gizi anak melalui seberapa berat dan tinggi badan anak sesuai rentang usianya. Kemudian juga perkembangan daya pikir seperti kemampuan motorik, adaptasi sosial, serta bahasa yang digunakan anak pun dapat menjadi indikator untuk mengetahui terpenuhinya gizi anak.

Untuk dapat membuat badan tetap sehat dan bugar selain dengan mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, dapat juga dengan melakukan aktivitas berolahraga sehari-hari baik di luar rumah ataupun di dalam rumah agar anak menjadi pribadi yang aktif dan bisa bersosialisasi dengan masyarakat luas.

Semoga 33 juta anak Indonesia bisa bersaing dengan Negara lain dan dapat memberikan kontribusinya bagi bangsa dihari esok. Aamiin.

Source : https://biz.kompas.com/read/2019/02/16/215058828/33-juta-anak-indonesia-fondasi-kuat-untuk-wujudkan-kemajuan-bangsa
http://www.tribunnews.com/kesehatan/2019/01/25/masa-depan-bangsa-ditangan-33-juta-anak-indonesia-faktor-ini-jadi-penentunya

February 26, 2019 - 1 komentar

1 komentar untuk Selangkah Harumkan Negeri Dengan Mendukung 33 Juta Anak Bangsa.

.

Thanks for sharing,.
Kunjungi juga http://bit.ly/2Zr6YRE

Balas Hapus